Ketahui Beragam Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Salah satunya langkah untuk mempertahankan kesehatan diri dengan jaga kebersihan mulut dan gigi. Tetapi, ini kurang cukup dilaksanakan cukup dengan menggosok gigi. Supaya kebersihan mulut dan gigi terbangun dan terbebas dari penyakit, Anda pun perlu memakai obat kumur.

Saat alami sakit gigi karena gigi berlubang atau gusi lebam, Anda pasti berasa tidak nyaman dan kegiatan Anda setiap hari, seperti makan, minum, bahkan juga berbicara, bisa jadi terusik.

Bukan itu saja, beragam riset memperlihatkan jika masalah kesehatan pada mulut dan gigi bisa tingkatkan resiko berlangsungnya penyakit kardiovaskular, seperti gempuran stroke dan jantung. Oleh karenanya, kesehatan mulut dan gigi penting selalu untuk dijaga.

Panduan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Selainnya menggosok gigi 2x satu hari sesudah makan dan saat sebelum tidur, ada banyak cara yang lain bisa Anda kerjakan untuk mempertahankan kesehatan mulut dan gigi, salah satunya:

1. Memakai benang gigi

Benang gigi bisa dipakai untuk bersihkan tersisa makanan yang melekat di antara gigi dan menahan terciptanya karies yang bisa mengakibatkan gigi berlubang. Bersihkan celah gigi dengan benang gigi (dental flossing) dapat Anda kerjakan sesudah menggosok gigi.

2. Hentikan rutinitas merokok

Merokok bisa mengakibatkan beberapa permasalahan pada mulut dan gigi, seperti berbau mulut, peralihan warna gigi, penimbunan karies dan kalkulus gigi, dan timbulnya bintik putih di mulut karena iritasi (leukoplakia). Disamping itu, merokok dapat tingkatkan resiko berlangsungnya kanker mulut.

Oleh karenanya, Anda dianjurkan tidak untuk merokok supaya terbebas dari beragam permasalahan pada mulut dan gigi, selainnya untuk menghindar penyakit pada umumnya.

3. Memakai odol yang mengandung flouride

Bakteri yang berada di dalam mulut akan keluarkan zat asam untuk memproses karbohidrat dari makanan yang Anda konsumsi. Zat asam itu bisa mengurangi mineral dalam e-mail atau susunan luar gigi. Ini makin lama dapat mengakibatkan gigi berlubang.

Untuk menolong menahan berlangsungnya gigi berlubang dan perkuat susunan e-mail gigi, pakailah odol yang memiliki kandungan fluoride saat menggosok gigi.

4. Memakai obat kumur atau mouthwash

Sama seperti yang sudah disebut awalnya, mempertahankan kesehatan mulut dan gigi kurang cukup dilaksanakan cukup dengan menggosok gigi dan memakai benang gigi. Anda pun perlu memakai obat kumur atau mouthwash.

Untuk memiara kesehatan mulut dan gigi, Anda dapat memakai obat kumur yang memiliki kandungan thymol, methyl salicylate, menthol, dan eucalyptol. Beberapa zat itu umumnya ada dalam obat kumur yang memiliki kandungan konsentrat teh hijau, daun mint, siwak, dan daun thyme.

Kandungan tesebut dijumpai memiliki efikasi (lebih efisien) bersihkan mulut dan gigi dari karies dan tersisa makanan, dan ikut menghalangi perkembangan kuman dalam mulut. Tidak itu saja, pemakaian obat kumur membuat napas lebih fresh sepanjang lebih kurang 12 jam.

Selainnya dengan lakukan cara-cara di atas, Anda bisa juga mempertahankan kesehatan mulut dan gigi dengan lakukan beberapa tips berikut ini:

Tukar sikat gigi minimal tiga bulan sekali atau saat bulu-bulu sikat gigi telah hancur. Pakai sikat gigi khusus, bila Anda jalani penempatan kawat gigi.

Awasi konsumsi minuman dan makanan manis, seperti permen, coklat, dan soft drink.

Mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti buah dan sayur.

Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

Kontrol gigi ke dokter gigi dengan teratur tiap enam bulan sekali.

Selainnya dengan lakukan beragam langkah di atas, Anda bisa juga bersihkan mulut dan gigi dengan coba oil pulling. Tetapi, efektifitasnya dalam memiara kesehatan mulut dan gigi masih perlu ditelaah selanjutnya.

Bila Anda alami permasalahan pada mulut dan gigi, seharusnya tanyakan ke dokter gigi untuk jalani pengecekan dan memperoleh pengatasan yang akurat. Tidak boleh tunda untuk berobat ke dokter gigi, karena masalah pada mulut dan gigi dapat makin kronis dan susah untuk diobati bila didiamkan kelamaan.

Tinggalkan komentar